Dandim Harapkan Dengan Kegiatan Pesta Ragam Budaya Nusantara mampu mempererat jalinan silaturahmi antar paguyuban dalam sebuah ikatan Kebhinekaan.

Selasa, 01 Oktober 2024 | 08:34:19 WIB

TEMBILAHAN - Dalam rangka memeriahkan HUT TNI ke-79 tahun 2024, Kodim 0314/Inhil menggelar Pesta Pekan Ragam Budaya Nusantara yang dipusatkan di lapangan Gajah Mada Tembilahan, Sabtu(28/9/2024) malam.

Pesta Pekan Ragam Budaya Nusantara merupakan bazar dan Panggung kesenian tradisional dan hiburan yang ditampilkan oleh berbagai Paguyuban Nusantara yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir(Inhil).

Kegiatan Pesta Pekan Ragam Budaya Nusantara tersebut diselenggarakan selama satu minggu mulai tanggal 28 September sampai dengan 5 Oktober 2024.

Pada sambutannya, Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Fikky Nur Kuncoro Jati, S.H., M.Han., mengatakan Indonesia sebagai negara Multikultural kaya akan budaya yang terbentang luas dari Sabang sampai Merauke dan merupakan aset negara warisan nenek moyang bangsa Indonesia terdahulu yang harus dijaga dan dilestarikan.

Seiring dengan arus globalisasi dan perkembangan teknologi saat ini, banyak masyarakat terutama generasi muda telah meninggalkan budaya negeri sendiri dan lebih cenderung menyukai gaya kebarat-baratan.

Bangsa asing dikatakan Dandim, merasa kagum dengan kebudayaan yang kita miliki sehingga banyak dari mereka ingin mempelajari budaya Indonesia bahkan ada yang mengklaim kebudayaan kita sebagai kebudayaan negeri mereka.

"Sangat kita sayangkan, bangsa asing kagum dengan budaya yang kita miliki, tetapi kita sebagai anak bangsa justru merasa budaya kita sudah ketinggalan zaman atau tidak gaul sehingga ditinggalkan," ucapnya.

Oleh karena itu, dengan digelarnya Pesta Pekan Ragam Budaya Nusantara diharapkan dapat memperkenalkan dan meningkatkan kecintaan masyarakat terutama generasi muda terhadap budaya negeri sendiri dibandingkan kebudayaan negara lain.

"Sebagai generasi muda, kita harus mencintai budaya kita sendiri. Harus bangga menjadi orang Indonesia yang memiliki beragam budaya. Ingat nasib bangsa ada ditangan kita, berikanlah yang terbaik untuk bangsa dan negara kita,"ujar Dandim.

Kegiatan Pesta Pekan Ragam Budaya Nusantara tersebut di harapkan juga mampu mempererat jalinan silaturahmi antar paguyuban dalam sebuah ikatan Kebhinekaan.

"Semoga kegiatan ini bermanfaat serta menjadi wadah untuk mempererat silaturahmi dalam menjaga persatuan dan kesatuan kita semua,"harapnya.  

Sementara itu, Pejabat(Pj) bupati Inhil H. Erisman Yahya, yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, H. Muamar Khadafi, S.Ag., MA., pada sambutannya mengatakan bahwa kabupaten Inhil berjuluk "Negeri Seribu Parit Hamparan Kelapa Dunia", merupakan daerah dengan wilayah cukup luas, dihuni oleh penduduk yang heterogen, terdiri dari berbagai suku dan etnis yang kaya akan adat dan budaya Nusantara.

Saat ini, dikatakannya tidak sedikit masyarakat terutama generasi muda masih banyak yang tidak mengetahui budaya-budaya Nusantara yang ada di kabupaten Inhil.

Pesta ragam budaya yang di gelar oleh Kodim 0314/Inhil dikatakan staf ahli bupati merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap budaya Nusantara.

"Pemerintah mendukung dan mengapresiasi atas diselenggarakannya Pesta Pekan Ragam Budaya Nusantara dan Bazar ini. Semoga kegiatan ini dapat lebih memperkokoh jalinan silaturahmi, kerukunan, persatuan dan kesatuan bangsa khususnya masyarakat Inhil,"harap Muammar Qadafi.

Terakhir, Staf Ahli Bupati Inhil Bidang Kemasyarakatan dan SDM, menyampaikan terima kasih kepada Kodim 0314/Inhil atas diselenggarakannya kegiatan tersebut.

"Kami atas nama Pemerintah dan masyarakat kabupaten Indragiri Hilir mengucapkan dirgahayu TNI ke-79. TNI patriot NKRI,"pungkasnya.

Turut hadir pada acara tersebut, unsur Forkopimda Inhil, Kepala OPD, Instansi Vertikal dilingkungan Pemkab Inhil, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cab LIV Kodim 0314/Inhil Ny. Betha Nariana, S.AP., Ketua Forum Kerukunan Paguyuban Inhil Zaini Awang, Pimpinan BUMN dan BUMD, Ketua Ormas, Paguyuban, Insan Pers, Tokoh masyarakat, Mahasiswa dan Pelajar serta tamu undangan lainnya.

Terkini