Lapas Pekanbaru Dikunjungi BPBD Pekanbaru Sebagai Langkah Mitigasi Resiko Hadapi Isu Megatrust

Selasa, 22 Oktober 2024 | 21:06:47 WIB
Lapas Kelas II A Pekanbaru mendapat kunjungan BPBD Pekanbaru, Senin 21 Oktober 2024.

PEKANBARU, SERIBUPARITNEWS.COM – Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Pekanbaru, Oktavianus Nahuway, beserta staf berkunjung ke Lapas Pekanbaru yang disambut langsung Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas, Ismadi, Senin 21 Oktober 2024.

Lapas Kelas IIA Pekanbaru terus melakukan langkah-langkah strategis pengamanan dalam upaya mitigasi risiko mengantisipasi potensi gempa di Zona Megathrust. Kunjungan BPBD Pekanbaru ke Lapas Kelas IIA Pekanbaru adalah salah satu upaya ke arah tersebut.

Langkah ini dilakukan untuk menindaklanjuti perintah Dirjen Pemasyarakatan, Reynhard Silitonga, dalam Surat Edaran Nomor: PAS-33.OT.02.02 tahun 2024 tentang Langkah-Langkah Strategis Pengamanan dalam Mengantisipasi Potensi Gempa di Zona Megathrust. Selain itu, hal tersebut juga merupakan bagian dari himbauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat mengenai adanya potensi gempa di zona Megathrust Selat Sunda dan Mentawai-Siberut.

“Kami telah melakukan langkah-langkah strategis pengamanan sesuai dengan Surat Edaran Dirjenpas. Selain telah melakukan koordinasi dengan BPBD Provinsi Riau, kami juga telah menyiapkan perlengkapan dan peralatan darurat bencana yaitu APAR (alat pemadam api ringan), perlengkapan P3K, lampu darurat, senter, dan lain-lain. Hari ini kami menerima kunjungan dari BPBD Kota Pekanbaru untuk meninjau langsung dan mempersiapkan rencana kesiapsiagaan bencana mulai dari rencana evakuasi, jalur evakuasi dan lokasi evakuasi sementara,” ungkap Ismadi.(*) 

Terkini