*BPOM Inhil Melakukan Pengawasan Intensifikasi Pangan Ramadhan dan Pembagian Hand Sanitizer kepada Pedagang Kuliner di Jalan M.Boya Tembilahan*



SERIBUPARITNEWS.COM,TEMBILAHAN - Selasa, 28 April 2020 
Kantor Badan POM di Kabupaten Indragiri Hilir telah melaksanakan Pengawasan Intensifikasi Pangan Bulan Ramadhan dan menjelang idul fitri termasuk salahsatunya pengawasan terhadap jajanan pangan bukaan puasa atau takjil. Kegiatan yang dilakukan yaitu sampling  dan pengujian cepat (rapid test) makanan takjil yang dijual pedagang di Jalan M. Boya Tembilahan. Pada kegiatan tersebut juga, petugas BPOM di Kab Inhil melakukan pembagian Hand Sanitizer bagi penjual kuliner. 


Selanjutnya dilakukan pembinaan dan edukasi kepada pedagang makanan takjil dan masyarakat dengan memberikan leaflet dan brosur tentang kualitas dan keamanan pangan dan Tips pencegahan penularan covid-19.

Sampel takjil yang disampling dan diuji  sejumlah 20 sampel yang terdiri dari tahu, martabak, mie, kerupuk, kue basah dan makanan  yang memiliki warna sangat cerah dan mencolok. Selanjutnya dilakukan pengujian cepat (rapid test) terhadap 4 parameter bahan berbahaya yang sering disalahgunakan ke dalam makanan yaitu Formalin, Boraks, Rhodamin B dan Methanyl Yellow. 
H

pengujian menggunakan test kit menunjukan semua sampel negatif dari bahan berbahaya sehingga aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat. 

Selanjutnya kami akan melaksanakan Pengawasan Intensifikasi Pangan dan pembinaan serta edukasi Sarana Distribusi Minimarket dan Toko Pangan untuk memastikan pangan olahan yang beredar pada saat pandemic covid19 ini adalah pangan olahan berkualitas dan aman bagi kesehatan masyarakat di Kab Inhil.

BPOM di Kab. Inhil juga menghimbau masyarakat agar dapat membantu Pemerintah Daerah Kab Inhil dalam memutus penyebaran Covid-19 dengan senantiasa berada di rumah pada masa pandemik ini dan menerapkan Pola Hidup Bersih Sehat. 

Selain itu menghimbau juga kepada pelaku usaha untuk tetap memperhatikan kualitas dan keamanan produk pangan yang dijual dengan tetap menerapkan Cek KLIK, Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar dan Cek Kedaluwarsa pada saat pengadaan pangan olahan serta apabila menghendaki informasi lebih mendalam mengenai obat dan makanan dapat menghubungi WhatsApp: 085264452228, Facebook: bpom inhil, Instagram: BPOMInhil dan telp: 07682500629.
Semoga kita dapat segera melewati masa pandemic covid19. 

Sumber.  : Humas BPOM Inhil
Editor.     : Prabu Suryadhana