Cawagub Jateng Hendi Janji Beri Bantuan Permodalan hingga Pelatihan untuk Nelayan Di Cilacap

Cawagub Jateng Hendi Janji Beri Bantuan Permodalan hingga Pelatihan untuk Nelayan Di Cilacap
Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah Hendrar Prihadi (Hendi) bertatap muka dengan nelayan di Kabupaten Cilacap, Sabtu (26/10/2024).

CILACAP - Di momen Safari kampanye Pilkada 2024, Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah Hendrar Prihadi (Hendi) bertatap muka dengan nelayan di Kabupaten Cilacap, Sabtu (26/10/2024).

Pantauan di lapangan, pasangan Andika Perkasa ini mendatangi Gedung HNSI Cilacap sekitar pukul 09.00 WIB. Setibanya di lokasi, mantan Wali Kota Semarang periode 2013-2022 ini, disambut antusias ribuan nelayan yang didominasi kaum emak-emak.

Sekitar 1.000 nelayan tampak memadati Gedung HNSI Cilacap. Diketahui, mereka menunggu sejak pagi untuk bertemu langsung dengan Cawagub nomor urut 1 ini.

Dalam kesempatan itu, Cawagub Hendrar Prihadi, datang bersama Paslon Bupati dan Wakil Bupati Cilacap Setyo Budi Wibowo (SBW) dan Fahrur Rozi (FR), Ketua PDI Perjuangan Cilacap Taufik Nurhidayat dan Ketua Tim Pemenangan Pilkada Cilacap Adisatrya Suryo Sulisto.

Dalam sambutannya, Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah Hendi berjanji bersama pasangannya akan berupaya meningkatkan kesejahteraan nelayan, khususnya di Cilacap melalui program-program yang telah digagas.

"Pak Andika sudah membuat rencana-rencana program untuk nelayan. Misal, pada saat musim apik (bagus) iwak e apik-apik (ikannya bagus-bagus), begitu dilelang hasilnya ora apik (tidak bagus), kenapa begitu, karena biasanya tidak bisa ditahan lama," ujarnya.

"Dan beliau sudah memikirkan itu, ada program nilai tambah supaya nelayan bisa mendapatkan harga yang baik saat mereka panen melalui bantuan nelayan seperti bantuan permodalan, freezer box dan lainnya," imbuh Hendi.

Ada juga pelatihan untuk mengolah ikan, serta mendorong BUMD untuk membeli hasil panen ikan nelayan dan lain sebagainya.

Sementara Ketua HNSI Sarjono mengaku saat ini sejumlah permasalahan tengah dihadapi oleh nelayan di Cilacap. Seperti BBM bersubsidi dan Biaya Administrasi Lelang (BAL) yang dinilai cukup memberatkan bagi nelayan, khususnya pemilik kapal diatas 10-30 GT.

"Mudah-mudahan nanti kalau Pak Andika dan Pak Hendi terpilih, bisa menyelesaikan permasalah tersebut. Permasalahan pelabuhan juga masih banyak. Kalau nelayan kecil masih anteng (tenang), hanya saja kesejahteraannya yang masih perlu ditingkatkan," ungkap Sarjono.

"Kami berharap apabila diamanahi untuk memimpin Jawa Tengah, untuk bisa memikirkan bagaimana kesejahteraan nelayan bisa meningkat dan program-program yang tadi disampaikan benar-benar terwujud," pungkasnya.