Pjs. Danramil 08/Mandah Melaksanakan Pendinginan di areal terbakar




SERIBUPARITNEWS.COM,MANDAH - Pjs. Danramil 08 Mandah Pelda Suriadi Melaksanakan  penanganan Kebakaran hutan dan lahan berupa pendinginan areal yang terbakar di Desa Rambayan Soraya, Dusun Tasik Madu RT 10 RW 04 Kecamatan Mandah Minggu (01/03/2020).Kegiatan pendinginan dimulai Pukul 08.00 wib.

 Luas areal terbakar hingga saat ini diperkirakan seluas  total  ± 2 Ha. Sampai saat ini titik api sudah padam namun masih meninggalkan titik asap dilokasi.

Titik Koordinat areal berada di  N: 00.96430 dan E: 103.358550

Pelda Suriadi mengkonfirmasi kepada media Jenis tanah dan jenis lahan/tanaman yg terbakar adalah Tanah gambut lahan kosong,semak belukar, sehingga lahan agak sulit dipadamkan dan memerlukan waktu yang cukup lama. Dengan  Jarak dari Koramil ke areal kebakaran  ±  17 Km, dan hanya bisa dilalui dengan angkutan air yaitu Speedboat.

Sampai saat ini terduga pembakar lahan masih dalam penyelidikan kepolisian setempat
  
Upaya yang telah dilakukan Pelda Suriadi diantaranya Pemadaman, pendinginan,agar api benar benar padam.dan pembuatan parit pembatas.dan sumur.

Dalam upaya pendinginan tersebut diikuti 25 orang personel diantaranya TNI 1 orang, Polri 5 orang, Pihak Perusahaan 3 orang, Masyarakat Peduli Api, 5 orang, aparatur Desa 2 orang dan Masyarakat Sekitar berjumalah 9 orang.

Alat yang digunakan dalam pendinginan tersebut diantaranya 1 Unit Mesin Robin,  2 unit mesin Robin,5 gulung selang,4 parang 3 cangkul dan 1semprot panggul

Hambatan personil dalam pendinginan tersebut diantaranya Tanah Gambut tebal kedalaman 1 Meter dan Kering, Angin Kencang, Cuaca panas terik dan  sumber air sulit

Pelda Suriadi menyampaikan Kondisi Terakhir Sudah padam, dan dalam upaya pendinginan.

Lanjutnya, mengucapkan kepada Personil TNI,Polri,Apdes,Perusahaan dan masyarakat yang telah bekerjasama melaksanakan pendinginan di bekas areal yang terbakar.

Tanpa kerjasama yang solid, pelaksanaan pendinginan ini akan berhasil dengan maksimal ungkap Pelda Suriadi

Kegiatan pendinginan selesai Pukul 12.30, berjalan aman dan lancar

Laporan : Pelda Suriadi
Editor.    : Prabu Suryadhana

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

Berita Lainnya

Index