Pemko Pekanbaru Pastikan Distribusi Bahan Pokok Lancar

Pemko Pekanbaru Pastikan Distribusi Bahan Pokok Lancar
Dokumentasi Istimewa

Pekanbaru - Sejumlah daerah di Provinsi Sumatera Barat dilanda bencana banjir dan longsor. Terkait hal itu Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau, memastikan kejadian galodo di provinsi tetangga tidak mempengaruhi ketersediaan bahan pokok di Pekanbaru.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Pekanbaru Maisisco, mengatakan pihaknya telah melakukan tinjauan langsung ke daerah penghasil, terutama cabai merah dan beras. Tinjauan itu untuk memastikan agar tidak terjadi lonjakan harga akibat bencana alam yang terjadi di Sumbar.

Untuk diketahui Provinsi Sumbar merupakan daerah pemasok kebutuhan bahan pokok bagi Pekanbaru dan beberapa daerah di Riau seperti sayur, bawang, kelapa hingga beras. Kejadian bencana alam dan jalan putus menjadi kendala dalam pendistribusian bahan pokok ke Riau.

"Jadi kita sebagai pemerintah, melakukan survei ke daerah penghasil di Nagari Taram, Kabupaten Lima Puluh Kota. Kita datangi petani, penggilingan beras, petani cabai, kemudian juga produksi telur," kata Maisisco, Rabu 15 Mai 2024.

Dari survei yang dilakukan, pihaknya melakukan kerjasama dengan daerah penghasil tersebut. Kerja sama dilakukan dengan business to business.

"Alhamdulillah dalam kerjasama itu lancar, harga-harga juga tidak ada permasalahan, tidak seperti yang dikhawatirkan masyarakat," katanya.

Sebetulnya kata Maisisco, wilayah Bukittinggi, Payakumbuh, dan Lima Puluh Kota tidak ada permasalahan. Jika tidak ada permasalahan, tentunya harga-harga bahan pokok tidak akan naik.

"Jadi tidak seperti yang kita khawatirkan, ketika Sumbar terjadi bencana harga-harga akan naik. Setelah kita lakukan survei ternyata tidak. Bukittinggi hingga Pekanbaru tidak ada permasalahan, memang sempat ada longsor di daerah Kelok Sembilan tapi itu sudah normal kembali," jelasnya.

"Jadi memang, setelah kita turun ke lapangan tidak ada permasalahan. Pendistribusian lancar-lancar saja. Ini hanya spekulasi, tapi kalau diisukan harga naik, tentu harga akan naik," katanya.(Advetorial)

Rilis Media Centre Riau
Editor Munazlen Nazir

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index