Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Pekanbaru

HUT Pekanbaru Ke-240 Berlangsung Tertib dan Lancar

HUT Pekanbaru Ke-240 Berlangsung Tertib dan Lancar
Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Pekanbaru Bersempena HUT Pekanbaru Ke-240 Berlangsung Tertib dan Lancar

PEKANBARU, SERIBUPARITNEWS - Memasuki usia ke-240, DPRD Pekanbaru menggelar rapat Paripurna Istimewa dalam memperingati HUT Kota Pekanbaru ke-240 pada Ahad, 23 Juni 2024 di ruang Paripurna yang berlangsung tertib dan lancar. Tahun ini, Pemko Pekanbaru di bawah kepemimpinan Pj Walikota Risnandar Mahiwa, mengusung tema Keberagaman Membangun Negeri.

Rapat Paripurna Istimewa itu, dipimpin Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Ginda Burnama yang mewakil Ketua DPRD Sabarudi yang sedang menjalani ibadah haji, di dampingi Wakil Ketua T Azwendi Fajri, dan Nofrizal.

Selain Pj Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, juga hadir Pj Gubri SF Hariyanto, mantan Gubri Saleh Djasit, para mantan Ketua DPRD Pekanbaru, mantan Walikota, perwakilan DPRD Riau, serta tokoh adat Melayu. Hadir juga Kapolresta Pekanbaru, Komandan Kodim Pekanbaru dan Danlanud Pekanbaru.

T Muhammad Toha, pemuka adat Melayu Kota Pekanbaru membacakan sejarah singkat awal mula nama Kota Pekanbaru, yang dahulu Pekanbaru dikenal dengan nama Senapelan. Saat itu, Pekanbaru dipimpin seorang kepala suku disebut Batin. Hingga akhirnya, daerah yang disebut sebagai Kota Senapelan ini, terus berkembang menjadi kawasan pemukiman baru. Seiring berjalannya waktu, berubah menjadi Dusun Payung Sekaki yang terletak di muara Sungai Siak. Senapelan yang kemudian lebih populer disebut Pekanbaru, resmi berdiri pada Selasa, 21 Rajab 1204 H. 21 Rajab itu, bersamaan dengan 23 Juni 1784 M saat Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazamsyah di bawah pemerintahan Sultan Yahya mendirikan pekan yang baru di pinggir Sungai Siak.

Tepat pada tanggal 23 Juni 2024 ini, kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Kota Pekanbaru dengan  Pada dikeluarkannya Surat Keputusan Nomor Des 52/1/44-25 yang menetapkan Pekanbaru sebagai Ibukota Provinsi Riau. Sekaligus Pekanbaru memperoleh status Kotamadya Daerah Tinggat II Pekanbaru.

Pelaksanaan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Pekanbaru bersempena hari jadi Kota Pekanbaru ke 240 ini dinilai sukses dan tertib. Sebagai pimpinan rapat, Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Ginda Burnama mengucapkan rasa syukurnya.

"Ya, Alhamdulillah kita baru saja selesai rapat paripurna istimewa hari jadi kota. Semua berjalan lancar dan khidmat. Terima kasih atas dukungan semua pihak," kata Ginda Burnama, usai paripurna.

Ginda Burnama yang juga menantu mantan Walikota Pekanbaru, Firdaus, berharap peringatan HUT ke-240 tahun ini, Kota Pekanbaru semakin meningkatkan pembangunannya. Baik infrastruktur, pelayanan, pendidikan juga sektor lainnya.

"Apa yang sudah baik, tentu akan dipertahankan dan dievaluasi serta ditingkatkan. Kota Pekanbaru ini harus sama-sama kita majukan," pintanya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa menyampaikan, ucapan terima kasih kepada semua anggota DPRD Pekanbaru, Wali Kota pada masanya, anggota dewan pada masanya, unsur Forkompimda, akademisi, pihak swasta yang sudah bahu-membahu membangun Kota Pekanbaru, hingga sampai berkembang pesat saat ini.

"Yang paling utama lagi kami ucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat Kota Pekanbaru, yang selama ini, membantu pemerintah dalam segala hal. Terus beri kami masukan positif untuk kebaikan kota kita ke depan," harapnya.

Diakui Risnandar, meski dirinya baru sebulan memimpin, namun laporan dari semua pihak, bahwa selama 12 tahun belakangan ini, perkembangan Kota Pekanbaru sangat pesat.

Baik segi infrastruktur, pendidikan, penanganan stunting dan lainnya. Namun semua ini perlu ditingkatkan lagi, dengan sinergitas dari semua pihak.

Pada kesempatan itu, Pj Gubernur Riau SF Hariyanto juga mengucapkan selamat hari jadi Kota Pekanbaru ke-240. Dia meminta seluruh masyarakat agar menjaga suasana aman dan kondusif di Kota Bertuah ini.

"Tahniah untuk Kota Pekanbaru, semoga Kota ini bisa terus maju dan berkembang. Yang pasti, selama saya menjadi Pj Gubernur Riau, akan tetap komit membantu pembangunan di Kota Pekanbaru," janjinya.

Setidaknya, di bawah kepemimpinannya sekarang, sudah 36 jalan milik Kota Pekanbaru, dialihkan kewenangannya ke Pemprov Riau. Bahkan beberapa jalan di antaranya sudah diperbaiki. Yang akan datang, Pemprov Riau akan menembus Jalan Mangga ke Jalan Cut Nyak Dien, tepatnya di belakang Kantor Gubernur Riau.

"Ini bisa kita lakukan, karena gedung BWWS di belakang Kantor Gubernur Riau, sudah diserahkan pemerintah pusat ke Pemprov Riau. Maka tahun 2025, gedung ini akan dibuat jalan tembus ke Jalan Mangga," paparnya.

PJ Gubri SF Hariyanto juga meminta, agar penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat lebih ditingkatkan, serta persoalan stunting dan kemiskinan ekstrem bisa dituntaskan.

"Mari kita jaga Pekanbaru senantiasa aman dan kondusif, Kota Pekanbaru ini jadi contoh kabupaten/kota lain, makanya kita jaga ini agar nanti tren pertumbuhan ekonomi tetap baik, kemiskinan dan stunting bisa diturunkan, dan kesejahteraan masyarakat meningkat," tutupnya.(adv)

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

Berita Lainnya

Index