Peringati HUT Bhayangkara Ke-78, Bawaslu Inhil Apresiasi Kinerja Polres Dalam Menjaga Keamanan Dan Ketertiban Pemilu 2024

Peringati HUT Bhayangkara Ke-78, Bawaslu Inhil Apresiasi Kinerja Polres Dalam Menjaga Keamanan Dan Ketertiban Pemilu 2024
Komisioner Bawaslu Inhil Kunjungai Kapolres Inhil Serahkan Penghargaan

TEMBILAHAN - Hari Ulang Tahun Bhayangkara yang Ke-78 merupakan momentum untuk mengapresiasi kinerja positif Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Dalam momen penting peringatan hari lahirnya, Polri mengusung tema "Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas".

Dalam momentum yang berbahagia ini, melalui Ketua Rustam, S.H, Bawaslu Kabupaten Indragiri Hilir menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas Peran Kepolisian Resort (Polres) Inhil dibawah kepemimpinan Kapolres Indragiri Hilir AKBP Budi Setiawan, S.I.K., M.I.K., serta seluruh jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) disetiap kecamatan dalam menjaga keamanan dan ketertiban dalam Pemilihan Umum Tahun 2024 di Kabupaten Inhil, yang memperlihatkan komitmen yang kokoh dalam mendukung proses demokrasi.

“Pemilihan Umum merupakan tonggak penting dalam kehidupan demokrasi suatu bangsa. Kabupaten Indragiri Hilir sebagai salah satu daerah yang turut serta dalam merayakan prosesi demokrasi nasional pada Februari kemarin menghadapi berbagai tantangan, terutama dalam menjaga keamanan dan ketertiban setiap tahapan proses pemilu. Dalam konteks ini, peran positif Polres Inhil terwujud tidak hanya sebagai pengawal keamanan fisik, namun juga sebagai penjaga integritas proses demokrasi itu sendiri.” Ucap Ketua Bawaslu, Rustam, S.H.

Menurut Rustam, Pemilu bukan sekadar proses penghitungan suara, namun juga ujian bagi stabilitas dan kedamaian suatu wilayah. Peran Polres Inhil, dengan segala kompetensinya, menjadi salah satu benteng yang kokoh dalam menghadapi potensi gangguan keamanan dan ketertiban yang dapat mengganggu pesta demokrasi. Dalam setiap langkahnya, Polres Inhil tidak hanya bertindak sebagai penegak hukum, tetapi juga sebagai perekat sosial yang menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Selaku Pimpinan di Bawaslu Inhil, Rustam sangat mengapresiasi inisiatif kegiatan Cooling System Pemilu 2024 yang dilakukan oleh Polres Inhil. Konsep "Cooling System" menjadi penting dalam konteks menjaga situasi kondusif di daearah-daerah saat sebelum hingga saat pemungutan dan penghitungan suara.

“Dengan mengimplementasikan strategi Cooling System itu, Polres Inhil berhasil menciptakan lingkungan yang sejuk, aman dan damai bagi para pemilih dan seluruh stakeholder yang terlibat dalam Pemilu 2024 kemarin,” ucap Ketua Bawaslu.

Disamping kesuksesan Polres Inhil dalam “mengawal Pemilu”, Bawaslu Inhil juga menyadari peran besar dari institusi lain yang juga turut berkontribusi positif, sehingga Rustam tidak lupa juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kinerja TNI dan Kejaksaan yang turut berperan dalam mensukseskan Pemilu 2024.

“Sinergi antara Bawaslu, Polri, Kejaksaan dan TNI menjadi cerminan dari komitmen bersama dalam menjaga integritas proses demokrasi, sehingga masyarakat Inhil dapat melaksanakan hak pilihnya dengan tenang dan tanpa hambatan,” ujar Rustam saat mengapresiasi peran institusi yang turut mengawal tegaknya demokrasi.

Pihak Bawaslu menyadari bahwa di tengah dinamika Pemilu, keberhasilan Polres Inhil dalam menciptakan lingkungan yang kondusif tidak terlepas dari dukungan dan partisipasi aktif masyarakat serta berbagai pihak terkait lainnya. Keterlibatan masyarakat dalam pengawasan dan pelaporan juga menjadi bagian penting dalam menjaga transparansi dan integritas Pemilu.

“Harus kita syukuri, perayaan Hari Ulang Tahun Bhayangkara yang Ke-78 tidak hanya menjadi momen refleksi akan perjalanan panjang institusi Polri dalam melayani dan melindungi masyarakat, tetapi juga momentum untuk terus melangkah maju dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan kepercayaan publik. Dengan semangat "Polri Presisi", Polres Inhil telah menunjukkan komitmen yang luar biasa dalam mendukung percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, sesuai dengan arah menuju Indonesia Emas,” jelas Ketua Bawaslu.

Sebagai Badan Pengawas dalam penyelenggaraan Pemilu, dalam konteks yang lebih luas, Bawaslu Inhil mengakui pengalaman Polres Inhil dalam mengamankan Pemilu 2024 kemarin merupakan titik terang bagi upaya bersama dalam menghadapi berbagai tantangan masa depan khususnya pada perhelatan Pilakada November 2024 mendatang.

“Semoga apresiasi dan penghargaan ini menjadi pendorong semangat bagi seluruh pihak khususnya bagi Polri untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara,” ujar Rustam.

Bawaslu Inhil berharap, Polres Inhil terus menjadi pelindung, tidak hanya sebagai pelindung keamanan fisik, tetapi juga sebagai penjaga nilai-nilai luhur dalam proses demokrasi, sekaligus cerminan dari komitmen Polri dalam mewujudkan Indonesia Emas melalui transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

#Polisi

Index

Berita Lainnya

Index