Paguyuban Resik Kubur Jerotengah Gelar Lokakarya Seni Tradisi Cowong

Paguyuban Resik Kubur Jerotengah Gelar Lokakarya Seni Tradisi Cowong
Paguyuban Resik Kubur Jerotengah Nyi Sendang Tirtapura Adiraja Cilacap menggelar Lokakarya Seni Tradisi Cowong di Aula Padepokan Cahya Buwana desa Glempang Pasir Kecamatan Adipala Cilacap,Sabtu (7/9/2024).

Cilacap - Dalam rangka mewujudkan Pengembangan dan pelestarian seni tradisi cowong Paguyuban Resik Kubur Jerotengah Nyi Sendang Tirtapura Adiraja Cilacap menggelar Lokakarya Seni Tradisi Cowong di Aula Padepokan Cahya Buwana desa Glempang Pasir Kecamatan Adipala Cilacap,Sabtu (7/9/2024).

Acara diikuti oleh 40 Peserta Lokakarya dari Unsur Unsur generasi Muda Penghayat Dan Pelaku Budaya Kabupaten Cilacap Dan dihadiri Oleh Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan  Riset Dan Teknologi serta Presidium Majelis Luhur Kepercayaan Indonesia Kabupaten Cilacap.

Sri Rahayu selaku Ketua Panitia Kegiatan mengatakan bahwa acara digelar dalam rangka melestarikan nilai budaya cowong sebagai warisan leluhur yang harus dilestarikan dan dikembangkan karena ada nilai nilai jati diri masyarakat sebagai masyarakat agraris dan maritim yaitu nilai keselarasan dan keseimbangan antara unsur darat dan laut.

Acara Dibuka Oleh Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap yang diwakili Oleh Kasi Kebudayaan Ansor Balasik dalam sambutanya Mengatakan bahwa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sangat mengapresiasi dan akan terus mengembangkan seni budaya masyarakat dan akan memprogramkan Desa Budaya diwilayah Kabupaten Cilacap.

Sementara Sumari, S.Sn., MM. ( Pamong Budaya Ahli Madya) Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat, Kementerian pendidikan dan kebudayaan Riset Dan Teknologi Dalam Acara Tersebut mengatakan bahwa Cowong sudah Masuk Warisan Budaya Bukan Benda Indonesia yang harus dilestarikan, diinventarisasi dan dikembangkan agar tetap lestari dan bisa menjadi tradisi dan dapat memberikan nilai edukasi Budaya kepada masyarakat yang mempunyai nilai nilai luhur dan jati diri Budaya Bangsa ,Ungkapnya

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

Berita Lainnya

Index