Berikan Pembekalan di Akmil Magelang, Menteri AHY: Bonus Demografi Harus Dibarengi Bonus Kompetensi

Berikan Pembekalan di Akmil Magelang, Menteri AHY: Bonus Demografi Harus Dibarengi Bonus Kompetensi
AHY memberikan pembekalan kepada Taruna/i Akmil Tingkat III dan IV Tahun Pelajaran 2024/2025 di Gedung Lily Rochli, Komplek Akmil, Kota Magelang pada Rabu (25/09/2024).

Magelang - Di hadapan ratusan Taruna/i Akademi Militer (Akmil) Kota Magelang, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan bahwa Indonesia Emas 2045 harus sama-sama diwujudkan oleh seluruh bangsa. Selain bertepatan 100 tahun Indonesia merdeka, tahun 2045 Indonesia akan mengalami bonus demografi, artinya akan ada peningkatan jumlah penduduk dan memasuki usia produktif.

Namun Menteri AHY mengingatkan, bonus demografi yang akan terjadi harus dibarengi dengan bonus kompetensi dari setiap sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. "Tanpa bonus kompetensi maka bonus demografi justru bisa menghadirkan bencana," ujarnya saat memberikan pembekalan kepada Taruna/i Akmil Tingkat III dan IV Tahun Pelajaran 2024/2025 di Gedung Lily Rochli, Komplek Akmil, Kota Magelang pada Rabu (25/09/2024).

Di sinilah peran Akmil untuk meningkatkan kompetensi para Taruna/i sebagai penerus bangsa. Sebab, menurut Menteri AHY, Tentara Nasional Indonesia memiliki peran penting dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045 ini.

"Karena untuk mewujudkan negara yang maju, makmur, dan sejahtera terlebih dahulu negara harus berdaulat, aman, dan damai. Tidak mungkin kalau ada konflik di antara kita sendiri kita menjadi negara maju," ujar Menteri ATR/Kepala BPN.

Menteri AHY berpesan kepada para Taruna/i Akmil yang sedang mengenyam pendidikan, untuk mengasah diri menjadi generasi unggul yang siap mewujudkan Indonesia Emas 2045.

"Kita harus attention to details, kemudian strike a good balance, antara akademik, fisik dan mental harus seimbang, begitu juga dengan kapasitas dan integritas. Selain itu, kita harus tanamkan motivasi dan disiplin yang kuat dalam diri, courage dan confidence, serta bekerja secara sinergi dan kolaborasi," kata Menteri AHY.

Pada kesempatan ini, Menteri AHY memberikan pembekalan kepada Taruna/i yang berjumlah 831 orang. Dari total tersebut, sebanyak 442 Taruna/i adalah Tingkat IV dan 389 Taruna/i dari Tingkat III.

Turut mendampingi Menteri ATR/Kepala BPN dalam kegiatan pembekalan, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian ATR/BPN; Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Tengah beserta jajaran. Hadir pula, Wakil Gubernur Akmil beserta jajaran Pejabat Tinggi di lingkungan Akmil 

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

Berita Lainnya

Index