Disdik Inhil lakukan Trobosan Baru, Program Inovasi Sibedu Untuk Meningkatkan Hasil Capaian Rapor Pendidikan

Disdik Inhil lakukan Trobosan Baru, Program Inovasi Sibedu Untuk Meningkatkan Hasil Capaian Rapor Pendidikan

TEMBILAHAN - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) merancang sebuah program inovasi untuk meningkatkan hasil capaian rapor pendidikan. Ada dua indikator utama dalam rapor pendidikan yang akan menjadi target peningkatan yaitu literasi dan numerasi.

Digawangi oleh Kabid pembinanaan SD H. Fauzan Amrullah, SE., M. Si lahirlah program Inovasi Sibedu yang merupakan akronim dari sistem pembelajaran terpadu.

Sibedu menggabungkan kekuatan Penggiat Literasi dan Numerasi. Bersama Stekeholder, mulai dari Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir, BPMP Propinsi Riau, BGP Propinsi Riau, Dinas perpustakaan Kabupaten Indragiri Hilir, PELITA (Penggiat Literasi Indonesia) , FLP (Forum Lingkar Pena) , TBM ( Taman Bacaan Masyarakat), KOMED ( Komunitas Media Pembelajaran), Komunitas Guru Penggerak, Sekolah Penggerak hingga KOMBEL (komunitas belajar) disatukan ke dalal suatu wadah untuk meningkatkan literasi numerasi di Kabupaten Indragiri Hilir.

Launching Sibedu hari ini (04 Oktober 2024) yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Indragiri Hilir Dr. H. M. Irwan, MM., M. Si. Selain Kepala Dinas Pendidikan, kegiatan juga dihadiri oleh Kepala Balai Guru Penggerak (BGP) UPT Kementrian Pendidikan yang ada di Provinsi Riau Ibu Reisky Bestari, M. Pd.  yang menjadi keynote speker dalam kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan sebagai keynote speaker, Kepala BGP berharap agar kegiatan Sibedu terus berlanjut. Tidak hanya untuk jenjang SD, tapi juga untuk semua jenjang pendidikan yang ada di Indragiri Hilir. Bahkan, ada potensi untuk diadopsi oleh Kabupaten lain, dan BGP Riau siap menjadi fasilitator.

Kegiatan berlangsung lancar dan diikuti sangat antusias oleh peserta. Hal ini ditandai dengan jumlah peserta yang melebihi daya tampung ruang virtual dengan jumlah maksimal 300 orang. Selain itu, waktu selesai juga lebih lama dari jadwal yang sudah ditentukan. Hangatnya diskusi membuat waktu lebih cepat berlalu. Perencanaan waktu berakhir jam 10.30 menjadi jam 11.30.

Kegiatan Sibedu dilaksanakan rutin setiap hari Jumat. Pertemuan Secara Daring dari seluruh Kepala Satuan dan narasumber dari tim Sibedu. Sibedu menjadi upaya meningkatan Literasi Dan Numerasi Satuan Pendidikan yang komprehensif mulai dari aspek kurikulum, peningkatan kompetensi guru hingga asesmen.

H. Fauzan Amrullah Selaku Penggagas Inovasi SIBEDU Berharap, Inovasi ini Dapat Meningkatkan Pengetahuan, Kemampuan Dan Kesadaran Dari Kepala Sekolah Serta Guru dan Tenaga Kependidikan Di kabupaten Indragiri Hilir Terhadap Literasi dan Numerasi Yang Pada Akhirnya Meningkatkan Mutu Rapor Pendidikan Jenjang Satuan Pendidikan Yang Bermuara Kepada Peningkatan Mutu Rapor Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir.

"Salah satu sumber data yang dipakai dalam Sibedu berasal dari rapor pendidikan.  Ketika program Sibedu berjalan baik, diharapkan mendapat korelasi positif terhadap rapor pendidikan," Harapnya (*)

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

Berita Lainnya

Index