Upaya Minimalisir Kesalahan dalam Pilgubri, KPU Provinsi Riau Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

Upaya Minimalisir Kesalahan dalam Pilgubri, KPU Provinsi Riau Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara
Upayakan minimalisir kesalahan dalam pemungutan dan penghitungan auara di Pilgubri 2024, KPU Riau Gelar simulasi.

PEKANBARU, SERIBUPARITNEWS. COM - Dalam rangka meminimalisir kesalahan dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Tahun 2024, Sabtu 26 Oktober 2024 KPU Provinsi Riau melaksanakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Pendopo Karangkadempel Jalan Pertanian Kelurahan Delima Kecamatan Binawidya Kota Pekanbaru.

Simulasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada petugas TPS mengenai prosedur pemungutan dan penghitungan suara. KPU Riau berharap, dengan dilaksanakannya simulasi ini, para petugas dapat lebih siap dan mengurangi potensi kesalahan yang dapat terjadi saat hari pemungutan suara yang sebenarnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Jajaran KPU Provinsi Riau, KPU Kota Pekanbaru, Bawaslu Provinsi Riau, Bawaslu Kota Pekanbaru, PPK dan PPS setempat, serta pemilih pada TPS 5 Kelurahan Delima.

"Simulasi ini sangat penting untuk memastikan bahwa semua tahapan pemungutan dan penghitungan suara dapat berjalan dengan baik dan transparan. Kami ingin masyarakat merasa yakin bahwa proses pemilihan akan berlangsung dengan adil dan tidak ada suara pemilih yang hilang," ungkap Ketua KPU Riau, Rusidi Rusdan.

Selama simulasi, peserta dipandu mengenai langkah-langkah yang harus dilalui dalam pemungutan suara, mulai dari persiapan, pelaksanaan, hingga penghitungan hasil suara. Selain itu, KPU Riau juga mengedukasi dan mengingatkan petugas mengenai pentingnya menjaga integritas dan kerahasiaan suara pemilih.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap proses pemilihan serta memastikan bahwa suara rakyat dapat dihitung dengan akurat. KPU Riau berkomitmen untuk terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat serta petugas agar pelaksanaan pemilihan berjalan dengan lancar.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Riau Nahrawi mengungkapkan bahwa KPU Kabupaten/Kota se- Provinsi Riau juga akan melaksanakan kegiatan yang sama.

“KPU Kabupaten/Kota ke depannya juga akan melaksanakan kegiatan serupa. Hal ini dilakukan sebagai ajang pembelajaran bagi petugas kita yang baru pertama kali bertugas di TPS, ataupun mengulang kaji bagi yang sudah pernah bertugas sebagai KPPS," ungkapnya.

KPU Provinsi Riau mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota mendatang untuk memastikan hak suara mereka tersalurkan dengan baik.(*) 

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

Berita Lainnya

Index