Isi Piringku, Konsep 4 Sehat 5 Sempurna Dinkes Inhil

Isi Piringku, Konsep 4 Sehat 5 Sempurna Dinkes Inhil

SERIBUPARITNEWS.COM,Tembilahan - Berdasarkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) Dinas kesehatan (Dinkes) kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) memperkenalkan metode makan baru dengan gizi seimbang yaitu "Isi Piringku". Dibandingkan dengan 4 Sehat 5 Sempurna, "Isi Piringku" juga turut menekankan pada berapa banyak porsi makanan yang ideal, menggunakan perumpamaan sajian dalam satu piring.

Selaku kepala Dinkes inhil Rahmi Indrasuri, menyampaikan, Konsep empat sehat lima sempurna sudah lama dikenal masyarakat, tapi konsep yang menekankan konsumsi susu sebagai penyempurna gizi itu sudah tidak relevan sebab untuk mendapatkan kecukupan gizi, masyarakat tidak harus minum susu. Susu 'hanya' bagian dari sumber protein.

"Dengan diperkenalkan konsep Isi Piringku sebenarnya mendorong masyarakat untuk makan dengan gizi seimbang, tetapi konsep gizi seimbang sulit dimengerti sepenuhnya oleh masyarakat," kata Rahmi  

Isi Piringku merupakan pedoman yang disusun oleh Kementerian Kesehatan untuk mengampanyekan konsumsi makanan yang sesuai dengan pedoman gizi seimbang.

"Dalam satu piring setiap kali makan, setengah piring diisi dengan sayur dan buah, sedangkan setengah lainnya diisi dengan makanan pokok dan lauk pauk," Katanya.

Lanjut, jadi konsep Isi Piringku ini, bukan hanya mengatur jenis makanan dan minuman yang seharusnya dikonsumsi setiap kali makan, tapi juga memberikan informasi terkait porsi yang sebaiknya dikonsumsi agar bisa memenuhi kebutuhan gizi dalam satu hari.

"Dengan digambar secara visual agar mudah dikenali anak-anak maupun orang dewasa, bersama dengan kampanye Isi Piringku, Kementerian Kesehatan ingin mengajak kamu meningkatkan konsumsi sayur dan buah," Tambahnya.

Ia berharap, seluruh masyarakat Inhil tahu dengan isi piringku untuk kita wujudkan bangsa Indonesia sehat, kuat, dan berdaya saing.

"Selain itu, Isi Piringku juga memuat ajakan untuk mengonsumsi 8 gelas air setiap hari, melakukan aktivitas fisik 30 menit setiap hari, dan mencuci tangan dengan air dan sabun sebelum dan setelah makan," Harapnya Kadis Dinkes inhil Rahmi Indrasuri.

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index