Dosen Prodi Magister Ilmu Pertanian Sekolah Pascasarjana Unilak Laksanakan Pengabdian Masyarakat Secara Online

Dosen Prodi Magister Ilmu Pertanian Sekolah Pascasarjana Unilak Laksanakan Pengabdian Masyarakat Secara Online
Doktor Mulono Apriyanto melaksanakan pengabdian masyarakat dengan mitra dari suriname secara online kamis (04/07)

Pekanbaru - Dosen Program Studi Magister llmu Pertanian Sekolah Pascasarjana Universitas Lancang Kuning Doktor Mulono Apriyanto melaksanakan pengabdian masyarakat dengan mitra  dari suriname kamis (04/07)

pengabdian masyarakat dilaksanakan secara online melalui zoom.

Materi pengabdian masyarakat  terkait bagaimana penanganan pasca panen buah pisang hal ini telah disepakati antara tim dan mitra. kegiatan diikuti oleh mitra bersama mahasiswa pasca sarjana unilak.

Dalam materinya Mulono menjelaskan bahwa Pertanian hortikultura merupakan sektor bagian pertanian dalam perekonomian petani masyarakat turunan Indonesia di Suriname. .

Namun, petani di daerah ini masih 
menggunakan cara bertani secara manual sehingga menjadi tantangan dalam budidaya hortikultura sampai pada pasca panen yang dapat mengurangi hasil panen dan mengancam keberlanjutan pertanian padi.

Oleh karena itu, diperlukan inovasi dan
penyuluhan mengenai budidaya dan pasca panen hortikultura. Tujuan dari  pengabdian ini adalah untuk memberikan penyuluhan kepada petani hortikultura 
masyarakat keturunan Indonesia di Suriname.

"Dengan adanya penyuluhan ini, diharapkan  petani dapat mengadopsi praktik-praktik budidaya dan pasca panen hotrikultura,  pengendalian hama yang terpadu, menggunakan metode yang ramah lingkungan, dan  meningkatkan hasil panen secara berkelanjutan," tuturnya dalam zoom meeting

Metode yang dilakukan diawali dengan 
identifikasi masalah, yaitu melakukan wawancara awal dengan masyarakat petani   hortikultura yang dijembatani oleh Sticthing Azzam Aliyah sebagai mitra.

Kemudian dilanjutkan sesi pembelajaran berupa sesi penyuluhan kepada petani tentang prinsipprinsip pasca panen hortikultura secara terpadu. Lalu demonstrasi lapangan tentang penggunaan metode pascapanen hotikultura yang baik. Langkah selanjutnya adalah  memberikan pendampingan kepada petani dalam menerapkan metode pasca panen  hortikultura, yang diakhiri dengan melakukan evaluasi hasil pasca panen hortikultura dan 
melakukan analisis dampak terhadap hasil panen

Adapun luaran dari pengabdian ini 
selain draft artikel adalah peningkatan pengetahuan pascapanen serta menciptakan keberlanjutan pertanian, "tutupnya

adapun luaran pengabdian ini adalah jurnal pengabdian masyarakat yang akan publish bulan november 2024

Ikuti Seribuparitnews.com di GoogleNews

#Artikel

Index

Berita Lainnya

Index